HUJAN DERAS AKIBATKAN LONGSOR DI DESA SUKOWUWUH
Kegiatan Penanggulangan Bencana Tahun 2020

By Bidang Kedaruratan dan Logistik 27 Feb 2020, 08:31:33 WIB Kedaruratan dan Logistik
HUJAN DERAS AKIBATKAN LONGSOR DI DESA SUKOWUWUH

Keterangan Gambar : Kegiatan kerja bakti pembersihan material longsor


Hujan deras mengguyur wilayah Desa Sukowuwuh Kecamatan Bener pada tanggal 18 Februari 2020 pukul 16.00 WIB - 19.00 WIB mengakibatkan tanah longsor di berbagai titik yaitu :
a). Tebing longsor di depan rumah bpk Purwanto (3jiwa) di Dusun Krajan RT02 RW03
Penyebab : Meluapnya saluran air karena tertutup material longsor sehingga mengikis tebing dibawahnya yg mengalami longsor dgn volume ktebalan longsor -+2m, panjang 12m dan tinggi 17m yang membawa material pohon waru, sehingga menimpa rumah bp purwanto. Kerusakan : rumah Bp Purwanto mengalami rusak ringan bagian atap.m akibat tertimpa pohon waru tersebut. Perbaikan oleh warga setempat. Dampak : - Longsoran ini juga mengakibatkan tertutupnya jalan antar dusun setinggi kurang lebih 2m.
b). Bahu jalan mengalami longsor di Dusun Krajan RT.02/03 di depan rumah Bp Muslapin kurang lebih sepanjang 4m tinggi 3m dan pergerakan tanah longsor 5m. Rumah tidak mengalami kerusakan hanya tumpukan material longsor di halaman. Kejadian tersebut mengancam rusaknya jalan dusun krajan. Akan dilalukan penyenderan oleh desa.
c). Tanah bergerak di Dusun Krajan RT.02/RW.03 (depan Warung M.Amin). Tanah ambles kurang lebih 1m sepanjang kurang lebih 10m. Tidak terdapat kerusakan. Terdapat pepohonan yang cukup membahayakan jaringan listrik setempat apabila tanah kembali bergerak.
d). Tanah longsor di Dusun Mranti RT.03/RW.01 menutup separuh jalan menuju lokawisata watusalang. Sudah dilakukan kerja bakti warga, akses jalan sudah normal kembali.

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment