Apa itu Relawan Kebencanaan?
Definisi relawan menurut berbagai sumber

By Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan 09 Jun 2020, 11:23:14 WIB Pencegahan dan Kesiapsiagaan
Apa itu Relawan Kebencanaan?

Keterangan Gambar : Relawan Kebencanaan


Purworejo. Selasa, 9 Juni 2020.  Apa itu relawan?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengemukakan definisi relawan adalah bentuk non-formal (tidak baku atau bahasa lisan) dari sukarelawan. Sukarelawan berarti “orang yang melakukan sesuatu dengan sukarela (tidak karena dipaksa atau diwajibkan). Dan akar sebutan ini merupakan gabungan dari kata “suka”, “rela” dan “akhiran -wan” (atau -wati bagi perempuan) yang menunjukkan pelaku seperti wirausahawan, dermawan dan karyawan. Dengan merinci istilah “sukarelawan” menjadi lebih mendasar, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa relawan (sukarelawan) yaitu individu yang mengambil peran atau melakukan kegiatan tertentu atas motif suka dan rela. Sedangkan padanan kata ini dalam bahasa inggris yang paling mendekati ialah “volunteer”.

Sedangkan menurut Piliavin dan Siegel mengeruaikan kegiatan volunteering yakni ikut bertindak dalam kerangka organisasi yang berpotensi untuk menghasilkan layanan-layanan bagi seseorang, kelompok, atau masyarakat umum (taking actions within an institutional framework that potentially provide some service to one or more other people or to the community at large)

Dalam lingkup Penanggulangan Bencana Relawan adalah seorang atau sekelompok orang yang memiliki kemampuan dan kepedulian untuk bekerja secara sukarela dan ikhlas dalam upaya penanggulangan bencana (BNPB).

 

 

(Sumber: Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kab. Purworejo)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment