UJI ALAT PERINGATAN DINI TRSUNAMI
Uji keberfungsian alat peringata deteksi dini tsunami

By ADMIN 27 Jun 2019, 16:01:39 WIB Kegiatan
UJI ALAT PERINGATAN DINI TRSUNAMI

Keterangan Gambar : Petugas sedang melakukan siaran uji peralatan EWS


Purworejo (27/06/2019). Kegiatan rutin BPBD Kabupaten Purworejo setiap tanggal 26 pukul 10.00 WIB adalah uji coba alat Early Warning System (EWS) Tsunami di 12 titik lokasi sepanjang pantai selatan. Alat deteksi dini peringatan tsunami ini merupakan radio yang dikendalikan di kantor BPBD. Kegiatan rutin bulanan ini dalam rangka untuk memastiakan peralatan yang ada berfungsi dengan baik.

Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa alat EWS ini merupakan serangkaian pengeras suara dan radio penerima siaran yang dikendalikan oleh BPBD Kabupaten Purworejo. Secara otomatis pengeras suara ini akan meneruskan adanya peringatan apabila terjadi tsunami.

Oleh karena alat ini sangat berperan dalam menyampaikan peringatan tsunami, maka setiap bulan BPBD melakukan checking keberfungsian alat ini. Oleh karena itu peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam menjaga, mengawasi dan memelihara peralatan ini. Bilamana ditemukan adanya kerusakan atau perawatan, BPBD segera akan memperbaiki. Namun demikian kita semua tidak mengharapkan terjadi tsunami.

Kami sampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada masyarakat, perangkat desa serta tokoh masyarakat yang telah membantu, menjaga dan memelihara peralatan ini khususnya di tempat peralatan EWS terpasang, yaitu di desa-desa berikut :

  1. Kertojayan 1 (timur)
  2. Kertojayan 2 (barat)
  3. Nambangan
  4. Keburuhan
  5. Malang
  6. Pagak
  7. Wero
  8. Girirejo
  9. Jatimalang
  10. Jatikontal
  11. Gedangan
  12. Jogoboyo

Hasil uji coba keberfungsian alat deteksi dini tsunami pada 26 Juni 2019 dinyatakan semua alat dalam kondisi berfungsi normal, tidak ada gangguan teknis. Pemeliharaan yang dilakukan seputar pengisian air accu, pembersihan peralatan dan penge-check-an jaringan/instalasi.

#BPBDPurworejo #salamtangguh #salamkemanusiaan




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment