Survei Rencana Pemasangan Alat EWS (Early Warning System) Tsunami
Survei Lokasi Pemasangan EWS Tsunami di Daerah Pesisir Kab. Purworejo

By Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan 07 Jun 2021, 14:59:38 WIB Pencegahan dan Kesiapsiagaan
Survei Rencana Pemasangan Alat EWS (Early Warning System) Tsunami

Keterangan Gambar : Survei Rencana Pemasangan Alat EWS Tsunami


Latar Belakang

Bahwa di Desa Jatimalang Kecamatan Purwodadi, Desa Awuawu Kecamatan Ngombol, Dusun Jetis Desa Patutrejo, Desa Munggangsari, Desa Harjobinangun Kecamatan Grabag merupakan daerah rawan bencana Tsunami (Zona Merah) untuk itu sangat penting diperlukan adanya alat EWS, yang merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk memberitahukan akan terjadinya bencana Tsunami. Sistem peringatan dini ini akan memberitahukan terkait bencana Tsunami yang akan terjadi. Dalam keadaan kritis secara umum peringatan dini ini yang merupakan penyampaian informasi diwujudkan dalam bentuk sirine dengan kontrol komando dari Pusdalop BPBD Kab. Purworejo.

 

HASIL

  1. Desa Jatimalang Kecamatan Purwodadi rencana akan dipasang Alat EWS Tsunami di Depan Masjid Dusun Patuk (daerah pemukiman padat penduduk) dari APBD II dan Kawasan Desa Wisata Pantai Dewa Ruci (daerah banyak pengunjung dan warung makan sekaligus tempat tinggal) dari hibah BPBD Prov. Jateng.
  2. Desa Awuawu Kecamatan Ngombol akan dipasang Alat EWS Tsunami dari APBD II, Lokasi di depan Masjid daerah pemukiman padat penduduk dan berdekatan dengan Sungai Jali yang langsung menghubungkan dengan Samudra Hindia.
  3. Dusun Jetis Desa Patutrejo Kecamatan Grabag (Kawasan Wisata Pantai Jetis) untuk sementara ini belum mendesak untuk dipasang Alat EWS Tsunami dikarenakan keramaian di tempat wisata ini hanya di hari tertentu dan tidak ada yang bermukim di Kawasan Wisata ini sehingga faktor keamanan Alat EWS Tsunami tidak ada yang menjaga.
  4. Desa Munggangsari Kecamatan Grabag untuk sementara ini belum mendesak untuk dipasang Alat EWS Tsunami karena pemukiman yang berdekatan dengan pantai bisa mendengar Alat EWS Tsunami dari Desa Kertojayan.

Desa Harjobinangun Kecamatan Grabag rencana akan dipasang Alat EWS Tsunami dari hibah BPBD Prov. Jateng di Daerah Pemukiman berdekatan dengan Sungai Jali, Desa ini sangat rawan Bencana Tsunami karena di sebelah timur berbatasan langsung dengan sepanjang Sungai Jali yang lurus dari pantai sehingga  landakan Tsunami dimungkinkan bisa mencapai Desa Harjobinangun. Di Sebelah utara berdekatan Sungai Lereng.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment