KEMUNCULAN SIKLON TROPIS RAI DAN BIBIT SIKLON 97W
Badai Siklon Tropis

By ADMIN 16 Des 2021, 09:16:14 WIB Kedaruratan dan Logistik
KEMUNCULAN SIKLON TROPIS RAI DAN BIBIT SIKLON 97W

Keterangan Gambar : Citra Satelit BMKG yang menunjukkan adanya Siklon Tropis RAI dan bibit 97W


Citra satelit BMKG menunjukkan bahwa adanya kemunculan Siklon Tropis Rai di sekitar Samudra pasifik Barat dan bibit Siklon 97W di Laut China Selatan bagian selatan. Siklon Tropis RAI berada sekitar 960 km sebelah utara timur Laut Biak ( gambar pusaran berwarna merah ) dan kondisi angin di pusat Siklon Tropis Rai mencapai sekitar 50 knot atau 95 km per/jam.  Adanya Siklon Rai dan bibit Siklon 97W berdampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia. Dampak yang ditimbulkan dari Siklon tersebut adalah adanya potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat serta angin kencang di beberapa wilayah di Indonesia, selain itu tinggi gelombang juga terpengaruh dengan adanya hal tersebut. Beberapa himbauan yang dapat kami sampaikan terkait dampak yang ditimbulkan Siklon Tropis tersebut antara lain :

  1. Menghindari daerah rentan mengalami bencana seperti lembah sungai, lereng rawan longsor, pohon yang mudah tumbang, tepi pantai, dan lainnya.
  2. Menghindari kegiatan pelayaran untuk sementara waktu hingga tinggi gelombang normal kembali.
  3. Mewaspadai potensi dampak seperti banjir/bandang/banjir pesisir, tanah longsor terutama di daerah yang rentan.
  4. Selalu memantau perkembangan informasi prakiraan cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem dari berita BMKG atau Instansi terkait setempat seperti BPBD.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment