PELATIHAN KOMPTETENSI (2)
Peningkatan Kapasitas Tenaga Kebencanaan

By ADMIN 02 Okt 2019, 11:15:22 WIB Pencegahan dan Kesiapsiagaan
PELATIHAN KOMPTETENSI (2)

Keterangan Gambar : Praktik Pelatiah Water Resceu


BPBD Purworejo. (2/10/2019). Kabupaten Purworejo merupakan daerah rawan bencana, berdasarkan  Indek Resiko Bencana yang dikeluarkan oleh BNPB, Kabupaten Purworejo berada pada peringkat 18 dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Sedangkan berdasarkan dokumen Rencana Penanggulangan Bencana (RPB), Kabupaten Purworejo memiliki 328 desa rawan bencana.

Personel Non-PNS BPBD siap di terjunkan ke lapangan pada saat pra bencana, saat tanggap darurat maupun pada paska bencana. Agar personel yang ada memiliki kecakapan, terlatih dan berintegritas, diperlukan pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan karakter lokasi bencana dan sesuai dengan bakat minat personel.

Diklat ini terbagi dalam 4 kelompok dengan materi berbeda. Pada hari pertama siang hari materi teori sesuai keompok, malam hari pembelajaran oleh dengan narasumber Bapak Sekretaris Daerah dan Kepala Pelaksana BPBD. Pada hari kedua materi lapangan, praktik dilokasi sesuai materi keompok yaitu

  • Kelompok I (10 orang) dg ketrampilan vertkal rescue
  • Kelompok II (9 orang) dg ketrampilan water rescue
  • Kelompok III (9 orang) dg ketrampilan manajemen posko
  • Kelompok IV(10 orang) dg ketrampilan manajemen logistik

Lokasi diklat di desa Wisata Pentingsari, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Praktik lapangang untuk water rescui di blue Lagoon, yang dilaksanakan pada hari Senin 30 September 2019 sampai 1 Oktober 2019.


#Salamtangguh

#KenaliBahayanyaKurangiResikonya




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment