MAKNA SERAGAM ORANGE
BPBD

By ADMIN 13 Jun 2019, 09:50:40 WIB Kegiatan
MAKNA SERAGAM ORANGE

Keterangan Gambar : SERAGAM BPBD


BPBD PURWOREJO – (13/06/2019) Sering kita jumpai setiap ada bencana, baik itu bencana banjir, longsor, angin, gelombang tinggi dan sejenisnya akan banyak petugas yang memakai seragam orange.

Mereka merupakan petugas atau relawan  yang tergabung dalam sebuah lembaga yang berkecimpungan dalam hal pencarian (search) dan penyelamatan (recue) terhadap korban bencana.

“Kenapa Harus Warna Orange ?”

Dalam buku manual SAR yang diterbitkan National Search and Rescue Committee, salah satu cara untuk mempermudah pencarian objek adalah warna. Perbedaan warna ini bisa memberikan pembeda, apalagi ketika berada di tengah laut. Tingkat kekontrasan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap situasi di sekitarnya, terutama pada cahaya.

Dalam sebuah pencarian, mata bisa dengan selektif memilah dengan menggunakan retina tengah. Jika bukan objek yang dicari, maka benda akan dikesampingkan secara otomatis. Selama proses ini, putih, kuning, merah dan oranye sangat bertolak belakang dengan air. Hanya saja, kuning dan putih sulit terlihat saat terjadinya ombak sehingga membiaskan cahaya yang datang. Kondisi ini membuat merah dan oranye lebih mudah dilihat dengan mata telanjang.

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyatakan penggunaan warna oranye ini berdasarkan kesepakatan internasional. Bahkan warna oranye memiliki arti tersendiri. Oranye itu berarti waspada atau siap. Itu kesepakatan internasional, ungkap Sutopo  melansir dari media online.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment