RAPAT KOORDINASI DAN PEMATANGAN RENCANA EKSPEDISI DESTANA TSUNAMI 2019 SEGMEN JAWA TENGAH
Kegiatan Penyusunan Dokumen Evaluasi Kinerja BPBD Provinsi Jawa Tengah

By ADMIN 08 Jun 2019, 09:56:09 WIB Kegiatan
RAPAT KOORDINASI DAN PEMATANGAN RENCANA EKSPEDISI DESTANA TSUNAMI 2019 SEGMEN JAWA TENGAH

Rapat Koordinasi dan pematangan rencana Ekspedisi Destana Tsunami 2019 Segmen Jawa Tengah sebagai tindak lanjut rapat pendahuluan yang dilaksanakan di Surakarta beberapa waktu yang lalu. Rakor dilaksanakan pada Hari Rabu, 29 Mei 2019 bertempat di Aula BPBD Provinsi Jawa Tengah dengan peserta berasal dari unsur BPBD dan OPD Provinsi Jawa Tengah; BPBD Kabupaten Wonogiri, Purworejo, Kebumen dan Cilacap; Universtias/Akedemisi dan NGO di Jawa Tengah dan Dunia Usaha serta Media Massa di Jawa Tengah.

Rapat koordinasi dibuka oleh Kalakhar BPBD Provinsi Jawa Tengah dan dilanjutkan dengan pemaparan hal-hal yang terkait penyelenggaraan Ekspedisi Destana Tsunami 2019 tingkat Nasional yang dimulai dari Kabupaten Banyuwangi dan melalui rute pesisir Pantai Selatan Pulau Jawa, termasuk Provinsi Jawa Tengah.

Adapun beberapa hal yang disampaikan oleh Kalakhar BPBD Provinsi Jawa Tengah adalah sebagai berikut:

  1. Ekspedisi melibatkan PENTAHELIX yang terdiri dari unsur pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat, lembaga usaha, akedemisi, dan media massa. Per segmen maksimal diikuti oleh 200 orang peserta, antara lain:

  • Pemerintah Pusat, dikoordinir oleh BNPB dengan peserta lebih kurang 75 orang yang berasal dari unsur BNPB; K/L; NGO Nasional; Media Nasional; Lembaga Usaha Nasional; IABI Pusat; Tim Penulis.

  • Pemerintah Provinsi, dikoordinir oleh BPBD Provinsi Jawa Tengah dengan peserta lebih kurang 15 orang yang berasal dari unsur BPBD; Dinpermasdes dan OPD Provinsi Jawa Tengah.

  • Pemerintah Kabupaten/Kota, dikoordinir oleh BPBD Kab/Kota dengan peserta lebih kurang 30 orang yang berasal dari unsur BPBD; Dinpermasdes dan OPD Kab/Kota.

  • Masyarakat, berasal dari unsur Relawan, NGO, Ormas sebanyak 30 orang peserta.

  • Lembaga Usaha Daerah/Donatur sebanyak 10 orang.

  • Akademisi/Pakar dari universitas yang ada di Provinsi Jawa Tengah dan Kab/Kota sebanyak 30 orang.

  • Media Massa baik Nasional maupun lokal sebanyak 10 orang.

 

  1. Rute Pelaksanaan Ekspedisi Destana Tsunami 2019 Segmen Jawa Tengah – DIY sebagai berikut:

  • Gunung Kidul dan Wonogiri terdiri dari 2 point yaitu di Desa Songbanyu dan Kemadang tanggal 24 – 26 Juli 2019

  • Bantul terdiri 1 point di Desa Poncosari pada tanggal 27 Juli 2019

  • Kulonprogo terdiri 1 point di Desa Bugel pada tanggal 28 Juli 2019

  • Purworejo terdiri 1 point di Desa Jatimalang pada tanggal 29 Juli 2019

  • Kebumen terdiri 2 point di Desa Ambal dan Desa Puring pada tanggal 30 31 Juli 2019

  • Cilacap terdiri 1 point di Kecamatan Widoropayung pada tanggal 1 Agustus 2019

 

  1. Diharapkan bantuan dan dukungan seluruh peserta Rakor baik dari OPD Provinsi; BPBD Kabupaten/Kota; Lembaga Usaha; Relawan/NGO serta Media Massa untuk mensukseskan kegiatan Ekspedisi Destana Tsunami 2019 terutama Segmen Jawa Tengah.

 

Pada kesempatan tersebut. masing-masing Kalak BPBD Kabupaten yang hadir memaparkan rencana dan kesiapan masing-masing Kabupaten guna mendukung kesuksesan penyelenggaraan Ekspedisi Destana Tsunami 2019 Segmen Jawa Tengah. Kepala Pelaksanan BPBD Kabupaten Purworejo Bapak Drs. Sutrisno, MSi. dalam paparannya menyampaikan bahwa Kabupaten Purworejo siap mendukung kesuksesan kegiatan ekspedisi dari segi tempat, acara dan personil.

Adapun kegiatan Ekspedisi Destana Tsunami 2019 Segmen Jateng untuk Kabupaten Purworejo bertempat di Desa/Pantai Jatimalang pada tanggal 29 Juli 2019. Rangkaian kegiatan diawali dengan penerimaan Pataka Ekspedisi direncanakan di Jembatan Jangkaran (perbatasan Kulonprogo-Purworejo) dan kemudian dibawa ke Pantai Jatimalang. Acara di pagi hari diisi dengan kegiatan sosialisasi Bencana Tsunami di 2 Sekolah Dasar yang ada disekitar lokasi dan pada malam hari dilanjutkan dengan pemutaran film terkait bahaya tsunami dan sarasehan antara peserta ekspedisi dan warga masyarakat.Dilanjutkan keesokan harinya peserta Ekspedisi meneruskan perjalanan menuju Kabupaten Kebumen dengan serah terima Pataka Ekspedisi di Jembatan Kali Wawar (perbatasan Purworejo-Kebumen).

Kegiatan Ekspedisi Destana Tsunami 2019 Segmen Jawa Tengah di Desa Ambal Kebumen direncanakan dihadiri oleh Kepala BNPB dan Gubernur Jawa Tengah pada tanggal 30 Juli 2019 dengan diramaikan hiburan wayang kulit semalam suntuk.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment