Penyuluhan Daerah Rawan Bencana Masuk Sekolah dalam Rangka Edukasi Penanggulangan Bencana di SDN Girirejo Kecamatan Ngombol
Sekolah Madrasah Aman Bencana(SMAB) dalam Rangka Edukasi Penanggulangan Bencana

By Bidang Pencegahan dan Kesipasiagaan 24 Feb 2019, 03:06:07 WIB Kegiatan
Penyuluhan Daerah Rawan Bencana Masuk Sekolah dalam Rangka Edukasi Penanggulangan Bencana  di SDN Girirejo Kecamatan Ngombol

Keterangan Gambar : Sekolah Madrasah Aman Bencana di SDN Girirejo Kec. Ngombol


Purworejo, Rabu 21 Februari 2019 BPBD Kabupaten Purworejo kembali terjun  menyuarakan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana kepada masyarakat yang sasaran kali ini adalah siswa-siswi  SDN Girirejo Kecamatan Ngombol  yang dikemas dalam kegiatan Sekolah Madrasah Aman Bencana (SMAB). Kegiatan SMAB bertujuan untuk memberikan Edukasi Kebencanaan dan meningkatkan kesiapsiagaan siswa-siswi untuk menghadapi kemungkinan bencana yang akan terjadi di daerah tempat tinggal mereka.

SMAB ini digarap oleh bidang pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Purworejo yang memang mempunyai peran sebagai bidang yang menangani langkah-langkah mitigasi bencana. Kegiatan tersebut diselenggarakan di SDN Girirejo Kecamatan Ngombol  yang diikuti oleh 70 (tujuh puluh) siswa-siswi. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kab. Purworejo Bapak Drs. Edy Purwanto sekaligus menjelaskan materi tentang Jenis dan Karakteristik Bencana kepada peserta.

Acara dilanjutkan dengan pemutaran Film Animasi Kebencanaan (Gempa dan Tsunami) yang di pimpin oleh Ibu Yeti Rochayati, S.IP., MAP untuk menambah pemahaman siswa-siswi. Kemudian mereka di beri pertanyaan terkait dengan wilayah yang mereka tinggali termasuk rawan Gempa dan Tsunami. Bagi mereka yang menjawab benar akan di beri hadiah (doorprize) sebagai bentuk apresiasi pada siswa-siswi.

Setelah itu, siswa-siswi di ajarkan bagaimana saat menghadapi gempa oleh Tim BPBD Kab. Purworejo yang dilanjutkan dengan Simulasi Gempa. Semua siswa sangat antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan dan simulasi berjalan dengan apik. 

Setelah Kegiatan usai, acara ditutup dengan foto bersama Tim BPBD Kab. Purworejo, Bapak-Ibu guru serta seluruh peserta SMAB.

 

#SiapUntukSelamat #BudayaSadarBencana #KitaJagaAlam #AlamJagaKita




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment