KUNJUNGAN KE PABRIK PERAHU
RENCANA PENGADAAN PERAHU RESCUE

By ADMIN 31 Mei 2019, 12:31:22 WIB Pemerintahan
KUNJUNGAN KE PABRIK PERAHU

BPBD PURWOREJO - Kabupaten Purworejo memiliki tingkat potensi bencana yang sangat tinggi, ditingkat Jawa Tengah menempati urutan ke 2 dan ditingkat Nasional pada urutan ke 18 berdasarkan Indek Resiko Bencana Indonesia yang diterbitkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana 2013

Di bagian selatan wilayah purworejo merupakan dataran rendah dan bagian utara merupakan daerah perbukitan. Kondisi ini menjadikan wilayah selatan sering menjadi daerah penampungan air hujan. Bahkan bila curah hujan lebih dari 24 jam, sangat mungkin wilayah selatan akan terjadi banjir.

Potensi banjir karena kiriman air hujan dari daerah perbukitan sering melanda Daerah Aliran Sungai Bogowonto dan Daerah Aliran Sungai Gebang. Ada empat kecamatan yang sering terjadi banjir, yaitu kecamatam Bagelen, Purwodadi, Ngombol dan Grabag.

Mengantisipasi kondisi banjir di bagian selatan tersebut, pemerintah berupaya mengurangi resiko timbulnya korban. Proses evakuasi warga merupakan langkah yang harus mendapatkan prioritas ketika terjadi banjir. Dengan terbatasnya alat evakuasi yang terbatas, pemerintah berupaya menambah perahu rescue yang nantinya akan di-standby-kan di daerah rawan banjir.

Melalui BPBD, pemerintah mempercayakan proses perencanaan pengadaan perahu rescue untuk air menggenang. Jenis perahu berbahan fiberglass dengan tenaga dayung atau mesin dan mampu menerobos di pemukiman padat penduduk dipandang cocok untuk evakuasi penduduk disaat banjir. Salah satu home industri pabrik perahu yang disurvei Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD, Drs. Sutrisno, M.Si adalah CV Berkah Laut berlokasi di Jl. Diponegoro Jetis Nusawungu Cilacap akhir April lalu. Perusahaan  yang telah melayani barang pemerintah sejak 2012 ini juga melayani servis perahu, pelanggannya tersebar dari Jawa dari luar Jawa.

Tampak Kalak BPBD beserta staf sedang berada di pabrik prahu untuk melihat proses pembuatan perahu dengan berbagai jenis dan ukuran. Tujuan utama kunjungan ini untuk memastikan spesifikasi dimensi, bahan, jenis perahu, perawatan dan harga.

 Selanjutnya hasil kunjungan ini akan ditindaklanjuti berupa usulan satuan standar harga dan usulan perubahan anggaran kepada pemerintah daerah. Dengan harapan usulan ini nantinya akan direspon baik dan segera dapat terealisasi serta semakin memudahkan dalam proses evakuasi bilamana diperlukan ketika bencana banjir.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment