Kegiatan Penyusunan Dokumen Renkon Bencana Banjir Kab. Purworejo 2019
Kegiatan Penyusunan Renkon sebagai langkah Pengurangan Risiko Bencana

By Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan 27 Sep 2019, 09:33:00 WIB Pencegahan dan Kesiapsiagaan
Kegiatan Penyusunan Dokumen Renkon Bencana Banjir Kab. Purworejo 2019

Keterangan Gambar : Penyusunan Renkon Banjir


Purworejo. Selasa, 24 September 2019. Purworejo merupakan daerah yang langganan banjir tiap tahunnya. Utamanya di Kecamatan Butuh, Grabag, dan Purwodadi. Untuk menghadapi ancaman banjir tersebut, Pemerintah Kabupaten Purworejo perlu sebuah rencana kontinjensi sebagai salah satu langkah awal dan komitmen bersama dalam menanggulangi dan meminimalisir dampak bencana. Rencana kontijensi disusun dalam sebuah dokumen sebagai pedoman bagi Pemerintah Kabupaten Purworejo dan para pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan kegiatan saat pra bencana maupun tanggap darurat.

Dokumen rencana kontijensi ini memuat tentang kebijakan dan strategi serta langkah-langkah operasional dalam menghadapi situasi darurat bagi para pemangku kepentingan. Dengan demikian pada saat situasi darurat, para pemangku kepentingan yang ada di kabupaten dapat mengetahui peran, tugas, dan fungsi mereka masing-masing dalam melakukan kegiatan tanggap darurat sehingga penyelenggaraan kegiatan tanggap darurat akan lebih terpadu dan terkoordinir dengan baik serta mampu memberikan pemenuhan kebutuhan dasar bagi penduduk yang terdampak sebagai perwujudan dari tanggung jawab pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan dan rasa aman bagi masyarakat dari bencana.  

Sementara itu Kegiatan Penyusunan Dokumen Renkon Bencana Banjir Kab. Purworejo 2019 ini dilaksanakan di Aula BPBD Kab. Purworejo selama 2 hari pada tanggal 23 dan 24 September 2019 ini. Kegiatan difasilitatori oleh Pak Edy, Mas Edi, Mas Andri dan Mams Yeti dari PoF Jateng. Kegiatan dimulai sejak pukul 08.30 hingga sore hari. Dan dihadiri oleh peserta dari tiga unsur kelembagaan yaitu pemerintah, masyarakat dan dunia usaha.

Kegiatan berlangsung seru dan aktif karena ada diskusi serta canda-canda colongan di sana. Semua peserta sepakat dan kompak untuk menyusun dokumen renkon ini demi menyiapkan Kabupaten tercinta menjadi Kabupaten yang tangguh bencana.

 

(Sumber: Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kab. Purworejo)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment