Hujan Disertai Angin Kencang, 5 Rumah Warga Rusak

By Bidang Kedaruratan dan Logistik 12 Jan 2019, 08:11:26 WIB Kejadian Bencana
Hujan Disertai Angin Kencang, 5 Rumah Warga Rusak

Purworejo. Rabu, 9 Januari 2019, hujan disertai angin yang terjadi di wilayah Kabupaten Purworejo mengakibatkan 5 rumah rusak. Rumah milik Waluyo di Desa Tepus Kulon Kecamatan Kutoarjo rusak pada bagian atap dan tembok akibat tertimpa pohon kelapa. Warga setempat telah melakukan kerja bakti evakuasi pohon tumbang dan membersihkan lokasi kejadian. kerusakan akibat kejadian tersebut ditaksir senilai 3 juta rupiah. 

Selain itu, di Desa Sidorejo Kecamatan Purworejo, 3 rumah warga mengalami rusak akibat tertimpa pohon duren dan jati. Ketiganya mengalami kerusakan pada bagian atap rumah,  dengan taksiran nilai kerusakan Rp 5.300.000. Warga setempat bergotong-royong melakukan kerja bakti pemotongan pohon dan pembersihan lokasi kejadian.

Lain halnya di Desa Purbayan Kecamatan Kemiri, pada hari Kamis tanggal 10 Januari 2019, angin kencang mengakibatkan rumah kayu berukuran 6x10 milik Ibu Sumiyati roboh. Pada saat kejadian, beliau berada di dalam rumah, sehingga robohnya rumah tersebut mengakibatkan luka ringan dan memar di bagian kepala (pelipis kiri dan bibir), dan sudah mendapatkan perawatan mandiri dari pihak keluarga. Saat ini korban tinggal di rumah anaknya yang tak jauh dari lokasi. Kejadian tersebut mengakibatkan kerusakan berat dengan taksiran nilai kerusakan 15juta rupiah.

BPBD kabupaten purworejo telah berkoordinasi dengan perangkat desa setempat,  melakukan pendataan terkait kejadian tersebut, dan mengirimkan bantuan logistik untuk kerja bakti warga, pada tiap-tiap titik kejadian. 

Menurut prediksi BMKG, puncak hujan yang terjadi pada bulan Januari ini akan masih terus terjadi. Dihimbau kepada warga masyarakat untuk terus waspada. Perhatikan pepohonan di sekitar tempat tinggal, pohon yang berdaun lebat dapat dikurangi untuk meminimalisir potensi bencana.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment