1000 TANGKI UNTUK ANTISIPASI DAMPAK MUSIM KEMARAU 2019
Kalak Menghadiri Rapat Koordinasi Antisipasi Dampak Musim Kemarau

By ADMIN 30 Mei 2019, 16:59:04 WIB Pemerintahan
1000 TANGKI UNTUK ANTISIPASI DAMPAK MUSIM KEMARAU  2019

BPBD PURWOREJO - (24/05/2018) Kepala Pelaksana BPBD Purworejo menghadiri acara Rapat Koordinasi  Antisipasi Dampak Musim Kemarau di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019.

Kepala Pelaksana Harian (KALAKHAR) BPBD Prov Jateng melalui Kasi Sarpras dan Kedaruratan menjabarkan bahwa BPBD PROV JATENG akan menghimpun data potensi wilayah terdampak kekeringan tiap kabupaten/ kota. Dalam rangka antisipasi  musim kemarau 2019 BPBD Provinsi Jawa Tengah telah menyediakan anggaran bantuan dari Gubernur Jawa Tengah sebanyak 1.000 tangki atau senilai Rp.230.000.000,- untuk kabupaten/kota yang membutuhkan.

Zauzik Nana Roslan dari BMKG Prov Jateng menjelaskan bahwa prakiraan panjang musim kemarau  2019 berkisar 9-21 dasarian (3 – 7 bulan) sehingga perlu diwaspadai potensi kekeringan ekstrim jatuh  pada bulan Agustus dan September. BMKG akan menginformasikan tentang prospek iklim dasarian (prakiraan untuk 10 hari ke depan) secara rutin dan akan disebarluaskan melalui media sosial, metode ini akan memberikan informasi curah hujan beserta dampaknya sekaligus memberikan himbauan kepada masyarakat seperti potensi kebakaran, kekurangan air, kekeringan, suhu tinggi.

Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Tengah bahwa untuk antisipasi menghadapi musim kemarau, dilakukan pemantauan ketersediaan air setiap periode setengah bulanan yang selanjutnya digunakan untuk merencanakan distribusi pembagian air pada wilayah yang ditentukan




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment